-->

Persiapan ANBK 2024 : Pendataan AN di BIOAN - bioportal.kemdikbud.go.id

Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2024-Pendataan AN
www.smapasundan5bdg.sch.id - Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) menjadi perhatian utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui AN, pemerintah bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang performa sekolah dan kemampuan siswa di berbagai jenjang pendidikan. Dalam artikel ini akan disampaikan Pendataan AN di BIOAN dalam rangka Persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2024 melalui laman https://bioportal.kemdikbud.go.id/

Asesmen Nasional dirancang untuk memetakan mutu pendidikan dan mengevaluasi sistem pembelajaran di seluruh Indonesia. AN mengukur aspek literasi, numerasi, serta karakter dan lingkungan belajar, memberikan data yang penting untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan.

Proses pendataan dalam AN mencakup beberapa tahap penting, di antaranya adalah pemutakhiran data di DAPODIK/EMIS, verifikasi oleh satuan pendidikan, dan pemilihan peserta didik secara acak. Peserta yang mengikuti AN ditentukan dengan menggunakan metode sampling yang telah disusun oleh pengelola data kabupaten/kota atau provinsi​.

Rencana Jadwal Pelaksanaan AN 2024

Rencana Jadwal Pelaksanaan AN 2024

Jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) dimulai dari bulan Agustus hingga November 2024, terbagi dalam beberapa periode pelaksanaan untuk jenjang SMK, SMA, SMP, SD dan Paket A, B, C.

Jadwal Pendataan AN 2024

Jadwal Pendataan AN 2024
Untuk jenjang SMA, SMK, dan sederajat, impor data calon peserta berlangsung hingga 26 Juli 2024, sedangkan proses sampling dan cetak DNS berlangsung hingga 29 Juli 2024​.

Untuk jenjang SMP dan sederajat, impor data hingga 16 Agustus 2024, dan proses sampling hingga 16 Agustus 2024.

Untuk jenjang SD dan sederajat, impor data hingga 27 September 2024, dan proses sampling hingga 30 September 2024.

Jadwal dan Batas Akhir Pendataan AN 2024

Jadwal dan Batas Akhir Pendataan AN 2024
Terdapat pemeliharaan provinsi dan pusat yang dijadwalkan setelah proses penomoran peserta dan cetak DNT, dengan batas akhir berbeda untuk setiap jenjang pendidikan​.

Kategori Peserta AN 2024

Kategori Pengguna/Peserta AN 2024
Kategori pengguna meliputi peserta didik yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dengan NISN valid dan masih aktif belajar​.

Materi Lengkap Pendataan AN di BIOAN - bioportal.kemdikbud.go.id dapat dilihat dibawah ini:


Dengan pelaksanaan Asesmen Nasional yang efektif, diharapkan setiap sekolah dapat melakukan perbaikan yang signifikan dalam kualitas pembelajaran.



0 Response to "Persiapan ANBK 2024 : Pendataan AN di BIOAN - bioportal.kemdikbud.go.id"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel