Download Panduan Gerakan 7 Harkat (Hari Berkarakter) - KCD Wilayah 7 Disdik Jabar
KCD Wilayah VII, Disdik Jabar, 2022 |
Gerakan 7 Harkat (Hari Berkarakter) adalah gerakan penumbuhan dan pengembangan karakter terdiri dari tujuh tema kegiatan berbeda setiap harinya dalam satu pekan.
Gerakan 7 Harkat diharapkan menjadi inspirasi yang mampu memicu kegiatan-kegiatan di satuan pendidikan yang dilaksanakan secara serentak dan masif dengan tujuan utama membangun pembiasaan untuk menumbuhkan karakter positif peserta didik di satuan pendidikan.
Satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk melaksanakan minimal salah satu jenis kegiatan setiap harinya dan disesuaikan dengan tema hari yang sedang berjalan.
Pendidikan karakter sebenarnya sudah jelas telah menjadi salah satu fokus utama selain materi esensial dan kompetensi peserta didik yang ada dalam Kurikulum Merdeka dengan tujuan untuk mengasah minat dan bakat peserta didik.
Hal ini selaras dengan Kurikulum Masagi yang dikembangkan di satuan pendidikan di Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kebahagiaan/kabagjaan (wellbeing) peserta didik melalui proses pendidikan kecakapan hidup dengan penguatan karakter positif berbasis kearifan budaya lokal Jawa Barat.
Oleh karena itu Gerakan 7 Harkat ini beserta kurikulum yang sedang digunakan adalah sebuah sinergi dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan.
Dalam hal ini nampak bahwa proses penumbuhan karakter positif peserta didik bisa dilakukan bersama-sama oleh seluruh satuan pendidikan dengan cara yang mudah, menyenangkan dan penuh semangat untuk menghasilkan manusia yang berkualitas, sebagai implementasi Kurikulum Masagi serta mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Cakupan Aktivitas 7 Hari Berkarakter (Harkat)
1. SENIN : Tema Wawasan Kebangsaan
a. Tujuan:
- Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, menanamkan rasa persatuan dan kesatuan.
- Disiplin dan taat terhadap tata tertib sekolah, menjaga sopan santun, berani membela kebenaran, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
b. Aktivitas yang dapat dilaksanakan antara lain:
- Upacara bendera.
- Mengundang unsur MUSPIKA wilayah setempat untuk memberikan pemaparan tentang wawasan kebangsaan.
- Memutar lagu-lagu nasional.
- Setelah melaksanakan upacara bendera, memilih perwakilan dari peserta didik untuk menyampaikan pandangannya tentang Pancasila dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. SELASA : Wawasan Global
a. Tujuan:
b. Aktivitas yang dapat dilaksanakan antara lain:
- Mengenal dan menghargai budaya asing.
- Kemampuan komunikasi inter kultural dalam berinteraksi dengan peserta didik lain.
- Berbahasa Inggris dan atau/atau Bahasa asing lainnya.
- Mendengarkan music barat.
- Mengadakan lomba debat, storytelling, monolog dan lain-lain dan berbagai Bahasa.
- Mengadakan kegiatan lomba yang bertema teknologi modern, misalnya robotic, pembuatan website, membuat aplikasi game.
3. RABU : Literasi dan Peduli Lingkungan
a. Tujuan:
- Menumbuhkembangkan budi pekerti : Meningkatkan minat baca peserta didik.
- Mengembangkan ekosistem literasi sekolah : Kemampuan mengakses, memaham dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain; membaca, menyimak, menulis, dan berbicara.
- Menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran (Learning organization) : Meningkatkan kapasitas untuk menciptakan pola pikir baru, kreatif, dan inovatif.
- Mempraktekkan kegiatan pengelolaan pengetahuan (knowledge management) : Alat, strategi, dan metode mempertahankan, menganalisa, mengorganisir dalam lingungan sekolah.
b. Aktivitas yang dapat dilaksanakan mencakup literasi dasar, literasi numerasi, literasi digital, antara lain:
- Menulis cerita pendek.
- Membuat karya tulis ilmiah.
- Membuat komik.
- Membuat film.
- Membaca berita.
- Membuat pohon literasi.
- Menyediakan pojok baca.
- Menceritakan Kembali pengalaman yang dialami di depan kelas.
4. KAMIS : Kamis Nyunda
a. Tujuan:
b. Aktivitas yang dapat dilaksanakan antara lain:
- Mekel katuangan khas sunda/beubeutian.
- Ngajaga kabersihan awak
- Ubar tradisional.
- Pidangan dongeng-dongeng tuladeneun.
- Kawih-kawih tikan sunda/sisindiran piwuruk.
- Botram
- Mimitran.
- Ngawanohkeun tatakrama sunda (leuwih museur)
- Mapag siswa : a) Ngabageakeun, dibarung ku rengkuh; b) Mere salam, ti salam kawilujengan, wilujeng enjing, Assalamu’alaikum, direumbeuy ku salam Sunda “Sampurasun”; c) Sajeroning mapag siswa, dibarung ku instrumen Sunda; d) Unggal poe Kemis boh dina aktivitas barangdamel di sakola, oge dina nepikeun panhajaran diselapan ku basa Sunda; e) Jam istirahat, muter lagu-lagu Sunda; f) Raksukan nu kagungan nganggo adat Sunda.
- Wanoh kana budaya Sunda mangsa Bihari (eksplore kampung adat)
- Tarucing cakra.
- Nyarita ku basa sunda.
- Nyipta karya basajan.
- Kaulinan urang Sunda
- Pagelaran budaya Sunda.
- Ngayakeun pasanggiri kasundaan tingkat sakola.
5. JUMAT : Sehat Jasmani dan Rohani
a. Tujuan:
- Meningkatkan daya tahan tubuh dan pembiasaan berolahraga sehingga tetap bugar setiap hari, dapat berpikir secara aktif dan kreatif, mudah mengontrol emosi, selalu berpikiran positif, serta dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
- Meningkatkan rasa empati, toleransi, dan tenggang rasa terhasap sesama manusia.
b. Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain:
- Melakukan senam bersama. (sebutkan senamnya)
- Melakukan senam ceria (SLB).
- Melaksanakan dhuha bersama.
- Melaksanakan infak mingguan.
- Bersholawat bersama.
- Membagikan makanan.
- Berbagi sedekah.
6. SABTU : Rumahku Istanaku
a. Tujuan:
b. Aktivitas yang dapat dilaksanakan antara lain:
- Menyapu rumah.
- Menyapu halaman.
- Mencuci piring.
- Mengepel lantai.
- Membersihkan kaca.
- Mencuci kendaraan.
- Makan bersama.
- Olahraga bersama.
- Menonton bersama.
- Melaksanakn ibadah bersama.
- Membaca/mendengarkan cerita.
- Bermain bersama/menciptakan permainan bersama keluarga.
- Menanam bunga.
- Membuat apotek hidup.
- Membuat hidroponik.
- Membuat cemilan sehat.
- Membuat minuman sehat.
- Berkomunikasi dalam Bahasa sunda bersama keluarga.
- Mengenalkan makanan dan minuman tradisional orang Sunda.
- Mengenalkan permainan tradisional (kaulinan barudak).
7. MINGGU : Berkunjung dan Berbagi
a. Tujuan:
b. Aktivitas yang dapat dilaksanakan antara lain:
- Jalan pagi atau olahraga pagi di car free day (CFD) atau tempat yang dituju bersama keluarga.
- Wisata bersama keluarga atau teman (mall, museum, kebun binatang, taman bunga, panti asuhan, panti jompo, dll)
- Mengunjungi rumah keluarga untuk bersilaturahmi atau sekedar bermain bersama saudara.
Evaluasi Kegiatan 7 Harkat (Hari Berkarakter)
- Peserta didik mengirimkan satu foto kegiatan atau video berdurasi 15 detik ke drive yang sudah disediakan oleh sekolah.
- Peserta didik menempelkan foto kegiatan di buku saku “Liburanku”. (disediakan oleh sekolah)
0 Response to "Download Panduan Gerakan 7 Harkat (Hari Berkarakter) - KCD Wilayah 7 Disdik Jabar"
Posting Komentar